[TUTORIAL] Progress Bar Sederhana di Java

Maret 31, 2011 § 10 Komentar

Kali ini kita akan membuat sebuah aplikasi sederhana untuk melihat prinsip dasar di proses berjalannya progress bar menggunakan Java. Tentu saja sebuah aplikasi progress bar bukanlah aplikasi yang berarti apa-apa. Progress bar pada dasarnya adalah sebuah komponen yang digunakan untuk menampilkan sejauh mana sebuah proses berjalan. Hal ini bisa kita terapkan di berbagai keperluan, misalnya kita membuat aplikasi yang membutuhkan pemrosesan data yang memakan waktu cukup lama, sehingga untuk menampilkan sejauh mana proses sudah berjalan kita bisa menggunakan progress bar.

Disini kita akan menggunakan Netbeans (versi Netbeans yang saya gunakan adalah Netbeans 6.9.1 yang berjalan diatas sistem operasi Ubuntu). Buat project baru (Java Application), kita beri nama misalkan “ProgressBar” yang kemudian saya simpan di direktori /home/qieberry/NetbeansProjects/ProgressBar. Setelah project dibuat, buatlah sebuah file berjenis JFrame Form bernama “frmUtama” pada paket default (default package).

Pada form yang sudah dibuat, masukkan 2 buah tombol dan 1 buah progress bar. Saya merubah nama variabel tombol pertama menjadi btnStart dan teksnya saya ubah menjadi Start, sedangkan tombol kedua saya ubah nama variabelnya menjadi btnStop dan teksnya saya ubah menjadi Stop. Sedangkan untuk progress bar saya ganti namanya menjadi progressBar. Cara untuk mengganti nama variabelnya adalah dengan melakukan klik kanan pada komponen yang ingin diganti nama variabelnya, kemudian pilih menu Change Variable Name … kemudian sesuaikan dengan nama yang ingin kita gunakan.

Setelah kita mendesain tampilan sesuai dengan tampilan yang kita inginkan, sekarang kita akan mulai proses coding. Masuklah ke tampilan kode dengan menekan tombol Source yang berada persis di sebelah tombol Design, Dibawah baris public class frmUtama extends javax.swing.JFrame { yang merupakan deklarasi kelas, tambahkan sebuah variabel Timer dengan nama timerProgress. Sintaksnya adalah private Timer timerProgress; jika muncul peringatan di samping kiri, klik kemudian pilih import javax.swing.Timer; Gunanya adalah untuk mengimpor kelas javax.swing,Timer karena kita memanggil sebuah method dari kelas tersebut.

Kemudian pada konstruktor kelas frmUtama yang sudah kita buat tadi, tambahkan kode sebagai berikut:

ActionListener listenerProgress = new ActionListener() {

public void actionPerformed(ActionEvent e) {

progressBar.setValue(progressBar.getValue()+1);

if (progressBar.getValue()==progressBar.getMaximum()){

progressBar.setValue(0);

timerProgress.start();

}

}

};

timerProgress = new Timer(50, listenerProgress);

Kode-kode diatas berfungsi untuk mendeklarasikan sebuah Action Listener yang kita beri nama listenerProgress. Kode progressBar.setValue(progressBar.getValue()+1); berarti kita akan memberikan nilai pada progress bar dengan nilai terakhir progress bar kemudian nilainya ditambah 1. 1 disini adalah berapa banyak kita akan memberikan nilai untuk setiap perubahan nilai progress bar.

Kemudian baris kode if (progressBar.getValue()==progressBar.getMaximum()){

progressBar.setValue(0);

timerProgress.start();

}

berarti kita akan mendeklarasikan sebuah kondisi dimana jika nilai dari progress bar sudah mencapai maksimum, maka nilai progress bar akan dikembalikan menjadi nol, kemudian proses akan dimulai lagi.

Baris timerProgress = new Timer(50, listenerProgress); akan mendeklarasikan nilai maksimum pada progress bar. Nilai yang kita set saat ini adalah 50. Seluruh kode ini berarti progress bar akan memulai proses dari 0, kemudian 1, 2, 3, … sampai 50. Kita bisa saja mengganti nilai maksimum dan berapa nilai loncatannya sesuai dengan yang kita inginkan.

Setelah ActionListener kita buat, saatnya kita mendeklarasikan event yang akan dijalankan saat kedua tombol (btnStart dan btnStop) ditekan. Caranya kita kembali pada tampilan Design. Kemudian klik kanan pada tombol Start dan pilih sub menu Events, pilih Action, kemudian pilih ActionPerformed. Secara otomatis kita akan dibawa ke mode skrip dimana kita harus mendeklarasikan event apa yang akan dilakukan jika tombol Start kita klik. Dibawah baris kode // TODO add your handling code here: kita tuliskan kode timerProgress.start(); Kode ini berarti akan memerintahkan timerProgress untuk mulai bekerja.

Lakukan hal yang sama untuk tombol Stop, hanya saja event yang diberikan adalah timerProgress.stop(); yang berarti akan memerintahkan timerProgress untuk berhenti bekerja.

Setelah semua selesai, kita bisa mulai mengetes program yang kita buat, caranya dengan menekan menu Run -> Run File, atau kita bisa menggunakan shortcut Shift+F6. Untuk mulai menjalankan tekan tombol Start dan lihat apa yang terjadi. Untuk berhenti, tekan tombol Stop. Jika ingin mempelajari lebih lanjut, file project bisa diunduh disini.

Iklan

§ 10 Responses to [TUTORIAL] Progress Bar Sederhana di Java

Corat Coret

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading [TUTORIAL] Progress Bar Sederhana di Java at Sekedar Catatan Kaki.

meta

%d blogger menyukai ini: