[SHARE] Memulai Pembuatan Game di Linux (Ubuntu)

September 29, 2011 § 2 Komentar

Setelah lama tidak menulis artikel baru disini, saya kembali kesini (setelah menempuh perjalanan ribuan abad :D) dengan memberikan sedikit gambaran bahwa Linux bisa dilibatkan dalam proses pembuatan game sederhana. Saya memang memiliki ketertarikan sendiri di bidang pembuatan game. Dan saya pun memiliki proyek sendiri untuk membuat sebuah game ber-genre RPG.

Tangkapan layar yang ada disini hanyalah proyek coba-coba saya πŸ˜€ Yah, hanya sekedar coba-coba πŸ˜€ Cekidot πŸ˜‰

Sprite editing dengan menggunakan GIMP

Sprite editing dengan menggunakan GIMP #2

Dua gambar di atas adalah bagaimana memanfaatkan GIMP sebagai editor bitmap, hal yang tentu saja sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan game.

Tapi sayangnya, saya masih belum menemukan perangkat lunak untuk mengatur dan membuat animasi sprite, ada yang mungkin sudah tahu?

Membuat map menggunakan Tiled

Map juga merupakan salah satu unsur penting dalam sebuah permainan. Oleh karena itu, dibutuhkan perangkat lunak yang cukup bagus untuk menangani proses pembuatan ini, salah satunya kita bisa menggunakan Tiled.

Untuk mengunduh perangkat lunak tersebut, silahkan kunjungi tautan berikut ini: MapEditor.org. Tiled dibuat dengan 2 versi, yaitu versi Java, dan satu lagi versi QtΒ (tersedia untuk platform Windows, Linux dan Mac). Saat ini, Tiled versi Java sudah tidak dikembangkan lagi. Menurut saya, Tiled versi Java masih lebih baik dibandingkan dengan Tiled versi Qt, tapi entah kenapa versi Java ini sudah tidak dikembangkan lagi.

The Java version is no longer maintained (unless somebody steps up to do it), but it is still available here since it has a few features that do not exist in the Qt version yet.

Perlu mengedit sound? Disini jawabannya

Untuk urusan ini, saya tidak terlalu bisa berkomentar karena saya tidak terlalu paham mengenai suara πŸ˜€ Silahkan di explore sendiri πŸ™‚

Run, run, run!

Here we go! setelah semua siap, kita ketik kode sumbernya, lalu kita jalankan, dan.. taraaa.. πŸ˜€

Ini adalah contoh sederhana, untuk artikel selanjutnya, saya akan menulis lebih banyak tentang proses pembuatan game.

Stay tuned!

§ 2 Responses to [SHARE] Memulai Pembuatan Game di Linux (Ubuntu)

Corat Coret

What’s this?

You are currently reading [SHARE] Memulai Pembuatan Game di Linux (Ubuntu) at Sekedar Catatan Kaki.

meta

