Tutorial GTGE (part 1)

Oktober 21, 2011 § Tinggalkan komentar

Pada artikel ini, saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana memulai menggunakan GTGE (saya ambil dari tutorial GTGE dengan perubahan).

Awal mula membuat game dengan GTGE adalah mensubclass Game class (Game class berada di package com.golden.gamedev), atau dengan kata lain setiap game merupakan turunan dari Game class.

Setiap turunan Game class wajib melaksanakan 3 tugas, yakni :

Inisialisasi Variabel Game
Dalam tugas yang pertama ini turunan Game class menginisialisasi variabel-variabel yang akan digunakan di dalam game.
Seperti membuat dan meletakkan sprite di posisi tertentu, membuat latar game, dll.
Catatan: Game class tidak diperbolehkan memiliki overloading constructor, oleh karenanya difungsi inilah diletakkan yang biasa diletakkan di dalam constructor.

Update Game
Mengupdate variabel game.
Seperti menggerakkan posisi sprite berdasarkan input keyboard, menganimasi game, dll.

Render Game
Merender game ke layar.
Disini setiap objek game yang ingin ditampilkan ke dalam game dirender ke layar.

file :: TesGTGE.java

// class milik GTGE
import com.golden.gamedev.Game;

// class milik Java
import java.awt.Graphics2D;

public class TesTGE extends Game {

  public void initResources()
  {
    // inisialisasi variabel yang digunakan di dalam game
  }

  public void update(long elapsedTime)
  {
    // variabel di dalam game diupdate disini
  }

  public void render(Graphics2D g)
  {
    // gambar di render ke layar
  }

}

Kurang lebih beginilah kerangka yang harus kita buat jika kita ingin membuat game dengan GTGE. Tapi ini saja belum cukup, masih ada hal yang perlu kita tambahkan. Sebagaimana yang kita ketahui, awal mula suatu program Java adalah bermula dari fungsi :


public static void main(String[] args)
{
// jangan lupakan hal ini
}

Kesimpulan:

  • Setiap game adalah turunan Game class.
  • Subclass dari Game class wajib mengerjakan 3 tugas, yakni inisialisasi variabel game, update game, dan render game.
  • Inisialisasi variabel merupakan tempat inisialisasi variabel-variabel yang akan digunakan di dalam game atau yang biasa diletakkan pada constructor.
  • Pada update game, variabel-variabel game diupdate untuk menganimasikan game.
  • Pada render game, objek-objek game digambar ke layar.
Iklan

Tagged: , , , ,

Corat Coret

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tutorial GTGE (part 1) at Sekedar Catatan Kaki.

meta

%d blogger menyukai ini: